Seleksi PPAN – Semifinal

Alhamdulillah usahaku pada wawancara imyep tidak sia-sia dan aku lolos bersama 39 kandidat lainnya ke fase berikutnya.

Dua hari setelah pengumuman semua semifinalis dikumpulkan untuk mengikuti briefing. Kami semua dikumpulkan pada satu ruang yang kemudian akan diberikan tugas secara individu selama dua hari.

Tugas yang aku dapat bertema “business culinary”. Tugas ini dapat diselesaikan dengan membuat artikel ilmiah, proposal kegiatan, photography atau vidiografi. Aku memutuskan memanfaatkan kemampuanku dibidang vidiografi, lagi pula pada video tersebut dapat aku selipkan beberapa foto yang mungkin menjadi nilai tambah untuk kemampuan fotografiku.

Malamnya aku langsung mengonsep video yang akan dibuat, mulai dari list tempat, potongan yang akan diambil dan musik yang akan digunakan sebagai backsound. Aku juga tidak lupa mengontak temenku yang memiliki kamera bagus untuk merekam.

Keesokan harinya aku mulai mengontak tempat-tempat yang sudah aku list untuk mendapatkan izin meliput. Banyak tempat yang menolak untuk diliput, sebagian lagi bersedia diliput setelah proposal diACC. Waktu untuk proses birokrasi proposal tidak akan cukup dengan deadline yang relatif singkat. Akhirnya aku memutuskan untuk meliput seadanya.

Keesokan harinya aku mulai mengedit video yang telah terkumpul. Beruntung telah dikonsep sebelumnya, sehingga proses editing tidak memerlukan waktu yang lama. Siang harinya aku langsung mengupload video yang telah siap.

Img src: PCMI Jogja

Tiga hari kemudian kami dikumpulkan kembali untuk mempresentasikan hasil yang telah kami buat. Presentasi kali ini dilakukan didepan 3 juri yang merupakan alumni PPAN dari berbagai program.”

Sebelum presentasi aku sempat berdiskusi dengan beberapa kandidat lain. Mereka semua memiliki latar belakang yang memukau. Sempat terdengar lirih beberapa orang sedang berdiskusi dengan bahasa inggris yang sangat lancar. Jujur mentalku sempat down saat mendengarnya, apalagi beberapa juri meminta presentasi dalam bahasa inggris. But show must go on, I will give my best.

Giliranku presentasi pun dipanggil, terdapat 3 juri yang menilai karyaku, 1 cowok dan 2 cewek yang rentang umurnya aku taksir sekitar 3 tahun di atasku. Setelah presentasi selesai tim juri menanyakan konsep karya yang dibuat, mulai dari kenapa tempat-tempat tersebut yang diambil, sudut pandang yang diambil dan kebenaran data-data didalamnya.

Setelah presentasi kami dipersilahkan pulang dan menunggu pengumuman di website official PCMI Jogja.

Leave a Reply